Gerobak Tahok Pak Citro (Sumber : Google)

Hai, Intelektual Muda! Sudah hampir satu bulan nih kita menjalani kuliah daring. Gimana nih, udah bosen ya dirumah aja? It’s okay, anjuran untuk tetap di rumah sebisa mungkin kita patuhi agar penyebaran Corona tidak makin meluas dan segera berhenti sehingga kita bisa segera melakukan aktivitas normal kembali. Meskipun nanti penyebaran virus corona ini sudah menurun,kita tetap harus menjaga kesehatan dan kebersihan tubuh dan lingkungan. Makanan hangat juga penting untuk menjaga imunitas kita dan menjaga tubuh kita tetap fit lho, Intelektual Muda. Nah, ada rekomendasi makanan hangat legendaris Solo nih. Makanan ini bentuknya seperti bubur sumsum ya,tapi makanan yang satu ini bukan bubur sumsum. Tahok namanya, makanan yang merupakan jajanan khas solo yang bisa membuat badan terasa hangat saat memakan ini. Satu di antara penjual tahok terkenal di Solo ialah Tahok Pak Citro.

Pak Citro Sedang Membuat Tahok (Sumber : Google)

Tahok Pak Citro berada di Jalan Suryopranoto No 21, Kepatihan Wetan, Kecamatan Jebres, Surakarta.  Tempat ini buka 06.00 hingga 15.00 WIB, dan semangkok tahok di jual dengan harga Rp 7.000. Pak Citro mengatakan sudah sejak tahun 1968 berjualan tahok. Tahok merupakan makanan tradisional Cina yang dibawa oleh pendatang dari Tionghoa yang kemudian menetap di Pasar Gede, Solo. Jika sekilas, terlihat tahok ini bentuknya menyerupai pudding ataupun bubur sumsum. Tetapi tahok itu sendiri merupakan makanan yang berasal dari sari kedelai yang dibuat lebih kental dengan diberi kuah jahe. Dalam sehari, Tahok Pak Citro terjual habis hingga 100 mangkok dan biasanya sudah habis pukul 12.00.

Tahok buatan Pak Citro (Sumber : Google)

Rasa jahe pada kuah ini juga tidak sepedas wedang jahe, sehingga makanan ini juga cocok dikonsumsi oleh anak-anak.Selain sebagai penghangat badan, ternyata tahok mempunyai segudang manfaat lainnya. Salah satunya adalah dapat mengobati masuk angin dan membuat badan hangat. Tak hanya itu, tahok juga bagus untuk membantu melancarkan proses persalinan bagi ibu hamil serta menurunkan kolesterol. Makanan ini wajib dicoba apabila kamu berkunjung ke Solo. Tertarik mencoba, Intelektual Muda??. (Reporter FiestA Radio : Safa Yonanta)

https://i1.wp.com/fiestaradio.fisip.uns.ac.id/wp-content/uploads/2020/04/IMG-20200410-WA0042-1.jpg?fit=900%2C564https://i1.wp.com/fiestaradio.fisip.uns.ac.id/wp-content/uploads/2020/04/IMG-20200410-WA0042-1.jpg?resize=300%2C300FiestA RadioCulinaryReview
Gerobak Tahok Pak Citro (Sumber : Google) Hai, Intelektual Muda! Sudah hampir satu bulan nih kita menjalani kuliah daring. Gimana nih, udah bosen ya dirumah aja? It’s okay, anjuran untuk tetap di rumah sebisa mungkin kita patuhi agar penyebaran Corona tidak makin meluas dan segera berhenti sehingga kita bisa segera...