SOLO – Universitas Sebelas Maret Surakarta menggelar acara Diesnatalis ke-44. Acara peringatan hari ulang tahun Universitas Sebelas Maret (UNS) ini digelar di Danau UNS. Diesnatalis ke-44 ini diikuti oleh 32 stan yang terdiri dari seluruh instansi yang ada di UNS. Terdiri dari stan yang berasal dari seluruh fakultas di UNS dan ada juga stan dari instansi lainnya, seperti Rumah Sakit (RS) UNS. Acara ini dilaksanakan pada 13 – 14 Maret 2020.

Penampilan peragaan busana dari mahasiswa Fakultas Seni Rupa dan Desain. (Dok.Yanuka Martha)

Disenatalis ke-44 UNS dibuka dengan penampilan spesial berupa tarian dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), lalu dari Fakultas Seni Rupa dan Desain berupa tarian dan peragaan busana. Setelah itu dilanjutkan dengan sambutan dari Ketua Panitia Diesnatalis ke-44 UNS, I Gusti Ketut Rahmadani, dan tidak lupa juga sambutan dari Rektor UNS, Prof. Dr. Jamal Wiwoho, S.H., M. Hum yang diikuti dengan sesi potong pita oleh rektor UNS sebagai simbol dimulainya acara Diesnatalis ke-44 UNS.

Tarian pembukaan oleh FKIP UNS. (Dok. Denisa Shafa)

Setelah pemotongan pita dilakukan, rektor beserta para tamu undangan dipersilakan untuk mengelilingi seluruh stan yang ada. Khusus di stan Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP), rektor yang singgah mendapatkan sesi wawancara. Disitu beliau berkata bahwa dalam memaknai dies natalis ke-44 ini semoga UNS bisa menjadi perguruan tinggi yang lebih bagus, berkualitas, dan memiliki sebuah idealisme untuk memajukan sebuah pendidikan. Beliau juga melihat antusiasme pengunjung yang banyak. “Itu berarti keberadaan kita bisa diakui oleh semua pihak, tidak hanya dosen dan mahasiswa. Karena pada dasarnya kampus sendiri tidak boleh terlepas dari akarnya, yaitu Universitas Sebelas Maret (UNS) yang berdiri di tengah-tengah masyarakat.”, papar Pak Jamal.

Sambutan Rektor UNS sebagai pembukaan acara. (Dok. Yanuka Martha)

Rektor yang sebelumnya merupakan dosen di Fakultas Hukum ini juga menambahkan tanggapannya mengenai UNS sebagai World Class University yaitu dengan meningkatkan jumlah doktor dan profesor. Selain itu tentunya juga hrus meningkatkan mutu dan kualitas UNS itu sendiri. Orang nomor satu di UNS itu juga mengatakan harapannya mengenai UNS di usia ke-44 ini yaitu agar UNS bisa segera menjadi universitas berbadan hukum (PTNBH). Beliau mengungkapkan harapannya agar UNS bisa menjadi universitas ke-12 yang memegang gelar PTNBH. Selain itu dirinya juga berharap agar UNS tetap berada dalam idealismenya untuk meningkatkan mutu pendidikan. 

Kunjungan Rektor UNS ke stand FISIP. (Dok. Yanuka Martha)

Para pengunjung yang datangpun mengungkapkan antusiasme mereka mengenai perayaan acara ulang tahun UNS di tahun ini. Salah satu pengunjung yang juga merupakan mahasiswa Sosiologi UNS, Agus Riyanto mengatakan “Semoga UNS kedepannya lebih memperhatikan kesejahteraan mahasiswa dan karyawan UNS, karena suatu pendidikan yang baik dicerminkan dari kualitas dan kedudukan mahasiswa serta pegawai UNS.” (Reporter FiestA Radio: Denisa Shafa dan Yanuka Martha)

https://i1.wp.com/fiestaradio.fisip.uns.ac.id/wp-content/uploads/2020/03/IMG-20200314-WA0040.jpg?fit=960%2C720https://i1.wp.com/fiestaradio.fisip.uns.ac.id/wp-content/uploads/2020/03/IMG-20200314-WA0040.jpg?resize=300%2C300FiestA RadioCampusNews
SOLO - Universitas Sebelas Maret Surakarta menggelar acara Diesnatalis ke-44. Acara peringatan hari ulang tahun Universitas Sebelas Maret (UNS) ini digelar di Danau UNS. Diesnatalis ke-44 ini diikuti oleh 32 stan yang terdiri dari seluruh instansi yang ada di UNS. Terdiri dari stan yang berasal dari seluruh fakultas di...