Hallo Intelektual Muda, wah nggak terasa ya sebentar lagi tahun baru datang, yups karena ini sudah bulan Desember. Tentu Intelektual Muda telah menyiapkan berbagai persiapan untuk menghadapi liburan akhir tahun. Persiapan natal dan tahun baru sedang menjadi rutinitas kesibukan masyarakat, bukan hanya di Indonesia, tapi juga seluruh dunia.

Berbicara tentang bulan Desember, akhir tahun seperti ini memang merupakan musim penghujan di wilayah Indonesia. Untuk kamu yang memiliki mobilitas padat pasti akan merasa sangat terbebani dengan adanya hujan, apalagi jika kamu berkendara dengan naik motor. Karena sepeda motor tidak mampu melindungi kamu dari air hujan guys. Tapi tenang, sudah lama sekali para ilmuwan menemukan alat canggih bernama “jas hujan”. Musim hujan dan jas hujan adalah pasangan serasi di akhir tahun. 

Karena di musim seperti ini, kamu pasti nggak akan terpisahkan dengan jas hujan Intelektual Muda, oleh karena itu kali ini FiestA Radio punya tips agar jas hujan kamu selalu awet dan aman saat digunakan dengan intensitas yang tinggi. Wahh, gimana tuh? Langsung simak saja tips di bawah ini ya guys:

1. Usahakan beli jas hujan dengan warna yang lebih terang dan mencolok

Contoh jas hujan dengan warna mencolok (sumber: google)

Warna jas hujan yang terang dan mencolok cenderung membuat aman pengendara motor karena saat hujan lebat, pandangan para pengemudi biasanya menjadi terganggu. Menggunakan jas hujan dengan warna gelap nggak akan terlihat oleh pengemudi lain, sehingga berisiko tersenggol bahkan tertabrak.

2. Meskipun praktis, hindari jas hujan dengan model ponco

Pengendara mengenakan jas hujan model ponco. (sumber: google)

Jenis jas hujan seperti ini dapat mengganggu pengendara lain, karena jas hujan ini bisa berkibar kemana-mana. Jas ponco juga berisiko tersangkut di jeruji, apalagi kalau kamu ngebut Intelektual Muda. Karena nggak menutup seluruh bagian kaki, sepatu dan celana panjang bagian bawahmu pun akan tetap basah lho Intelektual Muda.

3. Pilihlah jas hujan berbahan PVC atau polvynil chloride

Jas hujan berbahan PVC. (sumber: google)

Jenis jas hujan seperti ini memiliki pori-pori lebih rapat, sehingga saat air hujan tidak akan tembus. Selain itu jenis jas hujan seperti ini juga tidak mudah sobek.

4. Pastikan jas hujan kamu memiliki garis mata kucing baik di lengan, dada, atau punggungnya

Jas hujan dengan mata kucing. (sumber: google)

Garis mata kucing mampu membuat jas hujan tampak menyala ketika hujan lebat bahkan saat gelap sekalipun. Hal ini bisa membuat pengendara lain lebih mengetahui keberadaanmu saat berkendara Intelektual Muda.

5. Jangan lupa untuk mengecek terlebih dahulu resleting pada jas hujan

Contoh resleting pada jas hujan. (sumber: google)

Agar awet, kamu bisa memilih resleting berbahan tembaga atau kuningan Intelektual Muda. Bahan ini nggak mudah berkarat dan rusak seperti resleting plastik atau besi.

Nah, itu tadi Intelektual Muda beberapa tips untuk menjaga agar jas hujanmu tetap awet dan aman saat akan digunakan ketika berkendara di tengah hujan. Jangan hanya membeli jas hujan hanya karena harganya saja ya, tapi kegunaan dan manfaat harus lebih diperhatikan. (Reporter FiestA Radio : Denisa Shafa)

 

Referensi:

https://www.hipwee.com/tips/memilih-jas-hujan/ 

https://i2.wp.com/fiestaradio.fisip.uns.ac.id/wp-content/uploads/2019/12/IMG-20191214-WA0029.jpg?fit=640%2C391https://i2.wp.com/fiestaradio.fisip.uns.ac.id/wp-content/uploads/2019/12/IMG-20191214-WA0029.jpg?resize=300%2C300FiestA RadioFeatureNews
Hallo Intelektual Muda, wah nggak terasa ya sebentar lagi tahun baru datang, yups karena ini sudah bulan Desember. Tentu Intelektual Muda telah menyiapkan berbagai persiapan untuk menghadapi liburan akhir tahun. Persiapan natal dan tahun baru sedang menjadi rutinitas kesibukan masyarakat, bukan hanya di Indonesia, tapi juga seluruh dunia. Berbicara tentang...