Tips kelola keuangan. (sumber: campuspedia.id)

 

Hai hai Intelektual Muda! Gimana nih kabar keuangan kamu setelah berbulan-bulan di rumah aja? Hehe, semoga tabungan dan uang jajan tetap aman ya sampai masuk kuliah nanti. Kamu ngerasa susah nggak sih buat mengelola keuangan saat nggak ada pemasukan, tetapi di lain sisi, kebutuhan selalu ada? Pas banget nih, Intelektual Muda, FiestA Radio punya tips kelola keuangan bagi mahasiswa saat pandemi seperti ini. Simak yuk!

 

  1. Abaikan Diskon dan Promo Barang yang Bukan Kebutuhan Pokok

Contoh gambar diskon pakaian. (sumber: campuspedia.id)

Tips pertama agar kamu tetap bisa mengelola keuangan dengan baik di tengah pandemi ialah tidak tergiur dengan diskon barang-barang yang tidak menjadi kebutuhan kamu. Nah, daripada untuk membeli barang-barang yang tidak kamu butuhkan, lebih baik kamu penuhi dulu barang-barang yang lebih dibutuhkan ya, Intelektual Muda.

 

  1. Prioritaskan Dana untuk Makanan dan Kebutuhan Internet

Ilustrasi makanan yang harus terpenuhi. (sumber: campuspedia.id)

Salah satu kebutuhan yang harus terpenuhi dahulu adalah makanan. Bagi sebagian besar mahasiswa yang hidup merantau jauh dari orang tua, akan berpikir dua kali untuk membeli barang-barang di luar kebutuhan saat tidak ada pemasukan seperti saat ini. Maka dari itu, makanan adalah salah satu hal yang harus kita penuhi sebelum membeli barang-barang tersebut. Selain itu, kuliah online juga membuat para mahasiswa harus selalu siap sedia kebutuhan internet. Sehingga perlu untuk menyisihkan uang agar dapar membeli kebutuhan internet yang pastinya lebih banyak dari sebelumnya.

 

  1. Siapkan Selalu Dana Darurat

Ilustrasi untuk selalu menyisihkan uang untuk kepentingan mendadak. (sumber: campuspedia.id)

Di keseharian, kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi ke depannya. Untuk itu agar kita selalu siap menghadapi segala situasi buruk di tengah keadaan pandemi seperti ini, sangat penting untuk menyisakan uang yang bisa digunakan sebagai dana darurat.

 

  1. Ikutilah Lomba yang Sesuai dengan Passion

Ilustrasi piala yang didapat saat memenangkan lomba. (sumber: campuspedia.id)

Di keadaan seperti saat ini, banyak lomba-lomba yang bisa diikuti dari rumah. Kalau kamu memiliki niat untuk mencari lomba-lomba tersebut, kamu akan mendapatkan banyak lomba yang bisa kamu ikuti. Perlombaan tingkat perguruan tinggi, sebagian besar akan memberikan piala dan uang tunai sebagai hadiah. Nah, kamu bisa menggunakan uang tunai hadiah lomba tersebut sebagai tambahan untuk membeli kebutuhan kamu, Intelektual Muda. Sehingga tidak hanya pengalamannya yang bisa dimanfaatkan, tetapi juga hadiah yang kamu dapat bisa sangat bermanfaat pula.

 

  1. Cobalah untuk Memulai Usaha

Ilustrasi kesepakatan setelah negosiasi. (sumber: campuspedia.id)

Ungkapan menjemput bola mungkin sangat tepat untuk menggambarkan sulitnya kita sebagai mahasiswa untuk mendapatkan pemasukan saat ini. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menjemput bola agar mendapat pemasukan ialah dengan memulai usaha yang sesuai dengan apa yang kita suka. Contohnya kalau kamu hobi memasak, mungkin kamu bisa membuat makanan yang kemudian dijual ke keluarga dan teman. Lalu ketika usaha yang kamu rintis sudah mulai berkembang, kamu tidak akan kebingungan jika harus membeli barang-barang yang kamu butuhkan.

Nah, gimana nih Intelektual Muda? Cukup mudah bukan mengelola keuangan saat pandemi bagi mahasiswa? Mungkin memang di awal terasa sedikit berat karena kita tidak bisa membeli semua barang yang kita inginkan. Namun ketika kita fokus untuk memenuhi kebutuhan terlebih dahulu, kita tidak akan bingung untuk mempersiapkan diri dengan hal-hal yang tidak terduga dan tidak diinginkan. Jangan lupa untuk selalu mengutamakan kebutuhan daripada keinginan ya, Intelektual Muda! (Reporter FiestA Radio: Yanuka Martha)

Sumber: https://campuspedia.id/kabar/hey-mahasiswa-rantau-nih-5-tips-buat-kamu-agar-bisa-survive-keuangan-di-kala-pandemi-covid-19/

https://i2.wp.com/fiestaradio.fisip.uns.ac.id/wp-content/uploads/2020/07/IMG-20200710-WA0041.jpg?fit=640%2C427https://i2.wp.com/fiestaradio.fisip.uns.ac.id/wp-content/uploads/2020/07/IMG-20200710-WA0041.jpg?resize=300%2C300FiestA RadioFeatureNews
Tips kelola keuangan. (sumber: campuspedia.id)   Hai hai Intelektual Muda! Gimana nih kabar keuangan kamu setelah berbulan-bulan di rumah aja? Hehe, semoga tabungan dan uang jajan tetap aman ya sampai masuk kuliah nanti. Kamu ngerasa susah nggak sih buat mengelola keuangan saat nggak ada pemasukan, tetapi di lain sisi, kebutuhan selalu...