Hai hai, Intelektual Muda! Wah, udah nggak kerasa ya bulan Ramadan sudah usai dan seluruh masyarakat utamanya umat Muslim bersuka cita merayakan lebaran. Lebaran biasanya kita rayakan dengan berkumpul bersama keluarga dan menjalin silaturahmi. Tidak lupa saat lebaran pasti ada banyak sekali makanan seperti kue kering dan makanan berat seperti opor ayam, sambal goreng atau rendang.

Saking lezatnya, nggak heran kalau kamu ketagihan dan mengonsumsinya berkali-kali dalam sehari sehingga saat lebaran, berat badanmu juga ikut bertambah. Tapi jangan takut, FiestA Radio punya tips menjaga berat badan saat lebaran spesial untuk Intelektual Muda. Penasaran? Simak yuk!

1. Kendalikan Porsi MakaKetupat dan opor ayam khas lebaran (Sumber: google.com)

Saat lebaran biasanya semua makanan akan terlihat enak ya, kamu jadi ingin menghabiskan semuanya. Tapi ingat, sesuatu yang berlebihan itu tidak baik. Untuk menghindari makan berlebihan saat lebaran, sebisa mungkin kamu harus mengendalikan porsi makan. Ambil makan dengan piring kecil dan makanlah dengan perlahan. Usahakan juga untuk tidak duduk terlalu dekat dengan tempat makanan atau meja makan supaya kamu terhindar dari godaan menambah porsi makan.

2. Batasi Asupan Gula

Kua kering khas lebaran (Sumber: google.com)

Camilan dan minuman khas lebaran terkadang banyak mengandung gula, misalnya saja kue kering atau es sirup. Walaupun rasanya lezat, kamu perlu membatasi asupan gula saat lebaran, karena jika dikonsumsi secara berlebihan maka asupan gula dapat meningkatkan risiko kenaikan berat badan, diabetes, hingga obesitas.

3. Sarapan Sebelum Berkunjung ke Rumah Saudara

Sarapan dengan buah-buah dan oatmeal (Sumber: google.com)

Salah satu tradisi lebaran ialah berkunjung ke rumah saudara. Di rumah saudara pun biasanya kamu akan disuguhi berbagai macam makanan khas lebaran. Namun ada baiknya kamu sarapan atau makan terlebih dahulu sebelum berkunjung ke rumah saudara. Kamu bisa sarapan dengan makanan yang tinggi serat dan rendah kalori misalnya buah-buahan, oatmeal, atau roti gandum. Dengan demikian, kamu akan kenyang lebih lama sehingga tidak akan makan berlebihan saat berada di rumah saudara.

4. Atur Pola Makan

Atur pola makan di waktu tertentu (Sumber: google.com)

Setelah berpuasa selama satu bulan penuh, ada baiknya kamu membiarkan tubuhmu beradaptasi dengan jadwal makan yang kembali normal. Salah satu caranya adalah dengan mengatur pola makan. Misalnya, hindari makan malam di atas jam enam malam dan perbanyak konsumsi makanan yang bergizi seimbang.

5. Rutin Berolahraga

Olahraga ringan seperti berjalan kaki (Sumber: google.com)

Walaupun sedang libur lebaran, usahakan untuk tetap berolahraga ya, Intelektual Muda. Nggak perlu melakukan olahraga yang berat, kamu bisa melakukan olahraga ringan seperti berjalan kaki selama 15 menit. Berolahraga secara rutin dapat membuat berat badamu kembali seperti semula.

6. Perbanyak Konsumsi Air Putih dan Buah

Perbanyak mengonsumsi air putih dan buah (Sumber: google.com)

Jangan hanya makan makanan khas lebaran, Intelektual Muda. Kamu juga harus mengonsumsi buah-buahan agar kebutuhan seratmu terpenuhi. Kamu bisa mengonsumsi buah kesukaanmu di pagi hari sebelum sarapan agar porsi makanmu tidak terlalu banyak. Konsumsi juga air putih minimal delapan gelas per hari guna memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh. Air putih bisa membantumu mengenyangkan perut dan melarutkan lemak dalam tubuh, lho!

Itu dia tips menjaga berat badan saat lebaran. Walaupun saat lebaran kamu bisa makan sepuasnya setelah satu bulan berpuasa, namun ingat untuk tetap menjaga berat badan dan juga kesehatanmu, apalagi di saat pandemi seperti ini. Jangan lupa untuk tetap mematuhi protokol kesehatan saat berkumpul dengan orang-orang terkasih ya, Intelektual Muda. Selamat lebaran! (Reporter FiestA Radio: Salsa Khoirunisa)

 

Sumber: https://www.halodoc.com/artikel/7-tips-menjaga-berat-badan-saat-lebaran-1

https://i0.wp.com/fiestaradio.fisip.uns.ac.id/wp-content/uploads/2021/05/IMG-20210512-WA0051.jpg?fit=700%2C467https://i0.wp.com/fiestaradio.fisip.uns.ac.id/wp-content/uploads/2021/05/IMG-20210512-WA0051.jpg?resize=300%2C300FiestA RadioFeatureNews
Hai hai, Intelektual Muda! Wah, udah nggak kerasa ya bulan Ramadan sudah usai dan seluruh masyarakat utamanya umat Muslim bersuka cita merayakan lebaran. Lebaran biasanya kita rayakan dengan berkumpul bersama keluarga dan menjalin silaturahmi. Tidak lupa saat lebaran pasti ada banyak sekali makanan seperti kue kering dan makanan berat...