Kini masker kain sudah tersedia dalam beragam bentuk dan motif. (Sumber: google.com)

Masker medis sempat menjadi barang langka selama pandemi Covid-19. Banyaknya permintaan yang tidak sejalan dengan ketersediaan barang menyebabkan harga barang tersebut melambung tinggi.

Masker kain menjadi salah satu alternatif dari mahal dan langkanya persedian masker medis. Masker jenis ini dinilai cukup efektif untuk mengurangi penyebaran virus Covid-19 loh, Intelektual Muda. Kamu tidak perlu membeli masker medis dengan jumlah yang banyak, Intelektual Muda. Rawatlah dengan beberapa tips berikut agar masker kain kamu terawat dengan baik dan kebersihannya terjaga serta efektif menangkal virus Covid-19.

  1. Cuci Masker Kain Setiap Hari
    Purvi Parikh, M.D., seorang ahli alergi dan imunologi dan anggota Physicians for Patient Protection menerangkan bahwa masker kain harus dicuci setelah selesai digunakan. Hal ini perlu dilakukan sebagai tindakan antisipasi penyebaran virus covid-19. Bayangkan jika ada virus yang menempel di masker kamu setelah beraktivitas di luar rumah, hal tersebut bisa sangat berbahaya kan, Intelektual Muda?
    Kalau kamu beraktivitas seharian di luar rumah, jangan lupa bawa masker kain cadangan di tas kamu. Mengapa demikian? Karena masker kain hanya boleh digunakan selama 4 jam pemakaian aja loh, Intelektual Muda. Dan disarankan juga untuk menyediakan 3 buah masker kain cadangan.
  2. Gunakan Air Hangat

    Selain menggunakan air hangat, menjemur masker di bawah sinar matahari dapat membantu mematikan virus yang masih menempel di masker kain. (Sumber: google.com)

    Penggunaan air hangat saat mencuci masker kain ini bertujuan untuk menghilangkan bakteri dan virus tanpa melemahkan kain. Hal tersebut diterangkan oleh Deirdre Jones, seorang perancang dari Rendall & Co. Namun, kamu harus memperhatikan kemampuan atau toleransi bahan masker kainmu terhadap suhu air hangat ya, Intelektual Muda.
  3. Mengeringkan Bagian Tertentu pada Masker

    Cuci masker dengan detergen yang biasa kamu gunakan. (Sumber: google.com)

    Saat ini beragam jenis masker kain tersedia di pasaran. Ada yang berbahan dasar full kain, ada juga yang menggunakan bahan elastis sebagai pengikat masker. Kalau masker kamu memiliki bahan yang elastis pada bagian pengikatnya, maka beri perhatian khusus saat mencucinya ya, Intelektual Muda. Pastikan bagian tersebut sudah kering. Hal ini bertujuan untuk menjaga agar tidak rusak.
  4. Bisa Juga Mencucinya di Wastafel

    Tidak harus menggunakan mesin cuci, kamu bisa mencuci masker kain di wastafel. (Sumber: google.com)


    Walaupun sudah dianjurkan untuk membawa 3 buah masker kain sebagai cadangan, namun sangat mungkin apabila kamu kelupaan membawanya. Tapi kamu ngga perlu khawatir kok, Intelektual Muda. Hal tersebut bisa diantisipasi dengan mencuci masker kain di wastafel setelah selesai menggunakannya dan langsung dikeringkan, agar ketika kamu harus memakainya, masker sudah kering dan siap untuk dipakai kembali.

Gimana nih, Intelektual Muda? Mudah bukan merawat masker kain kamu? Perhatikan beberapa tips di atas agar masker kain kamu tetap awet dan bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama tanpa mengurangi fungsinya ya, Intelektual Muda. Selamat mencoba~ (Reporter FiestA Radio: Selina Wibisono)

Sumber :
https://www.google.com/amp/s/www.popmama.com/amp/life/health/greg-bima/masker-bedah-khusus-petugas-medis-begini-cara-merawat-masker-kain
https://www.google.com/amp/s/amp.kompas.com/sains/read/2020/06/07/180300223/panduan-terbaru-who-simak-cara-mencuci-masker-kain
https://www.google.com/amp/s/id.theasianparent.com/mencuci-masker-kain/amp

https://i0.wp.com/fiestaradio.fisip.uns.ac.id/wp-content/uploads/2020/07/IMG-20200723-WA0014.jpg?fit=641%2C478https://i0.wp.com/fiestaradio.fisip.uns.ac.id/wp-content/uploads/2020/07/IMG-20200723-WA0014.jpg?resize=300%2C300FiestA RadioFeatureNews
Masker medis sempat menjadi barang langka selama pandemi Covid-19. Banyaknya permintaan yang tidak sejalan dengan ketersediaan barang menyebabkan harga barang tersebut melambung tinggi. Masker kain menjadi salah satu alternatif dari mahal dan langkanya persedian masker medis. Masker jenis ini dinilai cukup efektif untuk mengurangi penyebaran virus Covid-19 loh, Intelektual Muda....