Hai Intelektual Muda, gimana kabarnya dua minggu di rumah aja? Semoga nggak bosen ya, karena itu demi kesehatan kamu juga. Kebijakan social distancing ini diambil pemerintah agar penularan virus corona atau covid-19 tidak semakin meluas. Untuk itu, pemerintah meliburkan sementara kegiatan belajar mengajar, kuliah, bahkan bekerja. Sebagai gantinya, muncullah yang namanya kuliah daring, belajar daring, dan bekerja dari rumah.
Namun tidak semua dapat dilakukan dari rumah bukan? Contohnya ketika bahan makanan habis, kita tetap harus keluar untuk membeli. Adapula beberapa pekerjaan yang tidak memungkinkan untuk dikerjakan dirumah, dan mau tidak mau kita harus keluar rumah untuk menyelesaikannya. Nah, untuk melindungi diri ditengah wabah ini, Fiesta Radio punya tips agar kamu tetap aman saat keluar rumah. Yuk simak tips-tipsnya.

1. Pakai masker

Contoh masker yang dianjurkan (sumber : google.com)

Sebenarnya, penggunaan masker hanya untuk kamu yang sedang sakit agar tidak menularkan pada orang lain. Namun, tidak ada salahnya berjaga-jaga dengan menggunakan masker saat ke luar rumah.

2. Sedia tisu

Contoh gambar tisu (sumber : google.com)

Kamu bisa menyediakan tisu untuk dibawa kemanapun. Tisu bisa digunakan untuk menutup mulut saat bersin, atau sebagai pelapis tangan sebelum memegang sesuatu. Setelah digunakan, pastikan buang tisu ke tempat sampah ya, Intelektual Muda.

3. Hindari menggunakan transportasi umum

Contoh transportasi umum (sumber : google.com)

Untuk saat ini, hindari dulu keluar rumah menggunakan transportasi umum karena bisa saja menjadi media penularan virus, Intelektual Muda.

4. Cuci tangan dengan sabun atau menggunakan hand sanitizer

Mencuci tangan menggunakan sabun (sumber : google.com)

Sering-seringlah mencuci tangan menggunakan sabun ya, Intelektual Muda. Mencuci tangan dilakukan saat sebelum makan, sesudah makan, sesudah memegang benda, setelah bersin/batuk, dll. Mencuci tangan dengan sabun ini lebih dianjurkan daripada menggunakan hand sanitizer lho. Kalau tidak ada air/tempat mencuci tangan, baru kamu bisa pakai hand sanitizer.

5. Lakukan phisical distancing

Contoh dari phisical distancing (sumber : google.com)
  • Selanjutnya, kalau kamu sedang di tempat ramai, lakukan phisical distancing ya. Caranya dengan menjaga jarak minimal 1 meter dari orang lain. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir terjadinya kontak fisik, dan penularan virus.
    Nah, itu tadi adalah protokol yang harus kamu lakukan kalau harus bepergian ke luar rumah. Tapi ingat ya Intelektual Muda, kalau keadaan tidak mendesak, lebih baik dirumah aja. Selamat menjalankan aktivitas, dan semoga kita tetap sehat ya, Intelektal Muda. (Reporter FiestA Radio : Badaruddin Akbar)
https://i0.wp.com/fiestaradio.fisip.uns.ac.id/wp-content/uploads/2020/04/IMG-20200404-WA0006-1.jpg?fit=700%2C393https://i0.wp.com/fiestaradio.fisip.uns.ac.id/wp-content/uploads/2020/04/IMG-20200404-WA0006-1.jpg?resize=300%2C300FiestA RadioFeatureNews
Hai Intelektual Muda, gimana kabarnya dua minggu di rumah aja? Semoga nggak bosen ya, karena itu demi kesehatan kamu juga. Kebijakan social distancing ini diambil pemerintah agar penularan virus corona atau covid-19 tidak semakin meluas. Untuk itu, pemerintah meliburkan sementara kegiatan belajar mengajar, kuliah, bahkan bekerja. Sebagai gantinya, muncullah...