Intelektual Muda, gimana kabarnya selama Kuliah online? Setelah melewati pekan UTS Online, kamu pasti lumayan kangen jalan jalan dong pastinya? Kamu bisa coba kunjungi keindangan pemandangan disini, setelah pandemi Covid-19 selesai tentunya ya!

Keindahan Sunset dari Shoka Bukit Senja (Sumber: Instagram/suryojdb)

Gunungkidul kembali memiliki spot foto baru nih, yaitu Shoka Bukit Senja. Spot tersebut terletak di perbukitan kawasan Dusun Gabug, Desa Giricahyo, Kecamatan Purwosari, Kabupaten Gunungkidul. Pemilik spot foto Shoka Bukit Senja, Evi Andriyani menjelaskan kalau tempat tersebut belum lama dibuka untuk umum. Hal itu mengingat proses pembangunan spot foto yang menghadap langsung ke Pantai selatan itu dulunya adalah sebuah lahan yang diabaikan. Awal mula tercetusnya ide untuk mengembangkan lahan miliknya sebagai spot foto sunset sekaligus tempat wisata berawal saat ada orang yang melihat sunset dari balik lahannya. Setelah mengeceknya, ternyata di balik lahannya itu memang memiliki pemandangan yang indah, khususnya pada saat sunset.

Melihat pemandangan pantai dan senja sembari duduk-duduk (Sumber: detik.com)

Saat sore menjelang senja, banyak wisatawan yang sudah ramai naik keatas Shoka Bukit Senja demi menikmati pemandangan Pantai Parangtritis dan matahari tenggelam dari atas ketinggian. Sebagian besar penikmat senja berasal dari kalangan muda mudi yang berburu foto dengan latar belakang hamparan pantai dan juga sunset menawan. Meskipun terbilang cukup baru, popularitas tempat ini tidak usah diragukan lagi. Mengenai jam buka spot foto itu, Evi mengatakan bahwa sejak pagi ia bersama keluarganya sudah membuka spot tersebut hingga malam hari. Mengingat Evi memiliki sebuah warung, yang jadi satu-satunya warung di Shoka Bukit Senja.

Pemandangan Bukit Shoka Senja (Sumber:travelingkuy.com)

Untuk mencapai spot ini, Intelektual Muda perlu menempuh perjalanan darat sekitar 30 km dari Kota Yogyakarta ke arah selatan. Selain dari Kota Yogyakarta, spot ini dapat dicapai dengan melakukan perjalanan darat dari Kota Wonosari sejauh 28 km ke arah selatan. Sesampainya di area parkir paralayang Watugupit, kamu akan menemui penunjuk jalan menuju spot tersebut. Adapun jarak dari jalan raya menuju spot itu berjarak 500 meter dengan kondisi jalan yang terbuat dari cor semen.

 

Spot foto yang sangat instagrammable (Sumber:telusurjogja.com)

Tetapi setelah menyusuri jalan berbentuk angka 11 sejauh 500 meter itu, mata Intelektual Muda akan dimanjakan dengan pemandangan indah berupa sunset yang dipadu bentangan garis Pantai selatan. Tiket masuk Bukit Shoka sementara tidak dikenakan biaya alias gratis. Kamu hanya perlu menyiapkan budget untuk parker kendaraan saja sebesar Rp3.000 untuk parker motor dan Rp5.000 untuk parker mobil. Meski masih dalam proses pengembangan, di Shoka Bukit Senja menyediakan beberapa gazebo dan tempat duduk untuk menikmati sunset. Nah gimana Intelektual Muda, menarik bukan tempat wisata senja yang satu ini? Yuk langsung aja ajak pacar, teman, dan keluarga kamu untuk datang dan menikmati sunset di Shoka Bukit Senja! (Reporter FiestA Radio: Adinda Salma)

 

Sumber:

https://www.jejakpiknik.com/shoka-bukit-senja/

https://travel.detik.com/domestic-destination/d-4330190/yang-baru-di-gunungkidul-shoka-bukit-senja

 

https://i2.wp.com/fiestaradio.fisip.uns.ac.id/wp-content/uploads/2020/04/IMG-20200424-WA0093.jpg?fit=630%2C380https://i2.wp.com/fiestaradio.fisip.uns.ac.id/wp-content/uploads/2020/04/IMG-20200424-WA0093.jpg?resize=300%2C300FiestA RadioExcursionReview
Intelektual Muda, gimana kabarnya selama Kuliah online? Setelah melewati pekan UTS Online, kamu pasti lumayan kangen jalan jalan dong pastinya? Kamu bisa coba kunjungi keindangan pemandangan disini, setelah pandemi Covid-19 selesai tentunya ya! Keindahan Sunset dari Shoka Bukit Senja (Sumber: Instagram/suryojdb) Gunungkidul kembali memiliki spot foto baru nih, yaitu Shoka...