Minggu ini #Belagu Hits Unggulan balik lagi buat nemenin Intelektual Muda ngebedah lagu terbaru dari Efek Rumah Kaca. Band indie asal Jakarta yang terdiri dari Cholil Mahmud, Poppie Airil dan Akbar Bagus Sudibyo ini baru aja ngerilis single terbarunya tanggal 6 September 2019 kemaren. Single yang berjudul “Tiba – Tiba Batu” ini ditulis langsung sama Cholil Mahmud dan direkam di Trout Studio, Brooklyn, New York. Dan masih sama kayak lagu-lagu Efek Rumah Kaca yang udah-udah, single “Tiba – Tiba Batu” ini juga masih berusaha mengangkat fenomena sosial yang marak terjadi akhir-akhir ini.

Single “Tiba – Tiba Batu” yang diproduserin sendiri oleh Efek Rumah Kaca ini berusaha menyentil mereka yang suka keras kepala dalam menyampaikan opininya. Liriknya yang sederhana dan kental dengan bahasa sehari- hari menggambarkan orang-orang yang merasa pendapatnya selalu paling benar sementara yang lainnya salah. Tapi biarpun lagu ini sarat sama makna sosial, pembawaannya tetep dibikin asik lewat perpaduan musik yang funky abis. Beatnya yang variatif ngebikin lagu ini jauh dari kesan monoton loh Intelektual Muda.

Biarpun lagu ini masih ngegambarin warna Efek Rumah Kaca banget yang kental sama kritik sosial, tapi lagu ini agak sedikit beda sama lagu mereka yang lain. Kalo biasanya durasi lagu Efek Rumah Kaca panjang-panjang, di lagu ini mereka berusaha menyampaikan sindirannya cuma dalam durasi 3 menit 49 detik. Selain itu lagu yang dibuat pada awal musim panas 2019 ini juga terasa spesial karna proses pembuatannya yang memakan waktu hingga 3 minggu. Lokasi pembuatannya juga gak main-main nih Intelektual Muda, karna Efek Rumah Kaca sampai terbang jauh-jauh ke New York cuma buat rekaman.

Lagu yang beatnya asik banget ini cocok buat Intelektual Muda dengerin pas lagi gabut sore hari. Liriknya yang sarat sama makna sosial juga pas banget ngegambarin fenomena sosial sekarang ini. Intelektual Muda, khususnya yang ngaku pecinta musik indie, wajib banget nih buat dengerin single terbaru dari Efek Rumah Kaca yang judulnya Tiba – Tiba Batu ini. Selamat mendengarkan. (Milvania Citantya) 

https://i1.wp.com/fiestaradio.fisip.uns.ac.id/wp-content/uploads/2019/09/IMG-20190914-WA0003.jpg?fit=724%2C720https://i1.wp.com/fiestaradio.fisip.uns.ac.id/wp-content/uploads/2019/09/IMG-20190914-WA0003.jpg?resize=300%2C300FiestA RadioMusicReview
Minggu ini #Belagu Hits Unggulan balik lagi buat nemenin Intelektual Muda ngebedah lagu terbaru dari Efek Rumah Kaca. Band indie asal Jakarta yang terdiri dari Cholil Mahmud, Poppie Airil dan Akbar Bagus Sudibyo ini baru aja ngerilis single terbarunya tanggal 6 September 2019 kemaren. Single yang berjudul “Tiba –...