Makan cumi minumnya kelapa muda. Hai Intelektual Muda! semoga saat kamu membaca ini sedang berada dalam kondisi sehat dan semangat yaa. Sudah berbulan bulan kita di rumah aja, kerjaan yang tidak lain tidak bukan sering dilakukan adalah makan dan tidur, iya kan? Pasti kamu pengen banget keluar rumah buat cari pemandangan yang menyejukkan. Melihat pemandangan juga belum cukup kalau belum menikmati kuliner yang ada. Nah, kali ini ada rekomendasi kuliner yang wajib kamu coba di Solo. Simak yuk!

Warung Nasi Liwet Tampak Depan
(sumber: google.com)

Berbeda dengan Yogyakarta yang memiliki ciri khas makanannya yaitu Gudeg, Solo punya Nasi Liwet yang ga kalah enak loh. Di Solo, Nasi Liwet banyak dijajakan pagi dan malam hari di setiap sudut kota Solo. Salah satu warung nasi liwet dapat kita ditemui di daerah Keprabon, di daerah ini banyak warung-warung nasi liwet yang terkenal dan enak. Salah satunya adalah Nasi Liwet Bu Wongso Lemu di Jl. Teuku Umar (Keprabon), Surakarta, Jawa Tengah Nasi yang sudah berdiri sejak tahun 1950.

Daun Pisang Menambah Sedapnya Nasi Liwet Saat Disajikan
(sumber: travelingyuk.com)

Nasi Liwet merupakan nasi gurih yang dimasak dengan santan dan disajikan dengan sayur labu siam diolah pedas, suwiran daging ayam, dan areh (sejenis bubur gurih dari kelapa) kemudian disajikan diatas daun pisang yang dilipat (dalam istilah jawa dipincuk). Rasa gurih dari nasi yang dimasak dengan menggunakan santan adalah yang menjadi ciri khas utama dari kuliner yang satu ini. Perpaduan dengan sayur labu pedas manis membentuk suatu cita rasa yang khas.

Pengamen Tradisional di Warung Nasi Liwet
(sumber: google.com)

Warung Nasi Liwet Bu Wongso Lemu buka mulai pukul 16:00 sampai 2:00 dini hari. Harga Nasi Liwet Wongso Lemu yaitu Rp 19.000 untuk Nasi Liwet biasa dan Rp 22.000 untuk Nasi Liwet komplit dengan ati ampela. Ada keunikan yang dapat ditemui jika Anda membeli Nasi Liwet Wongso Lemu, yakni penjualnya yang masih memakai baju tradisional kebaya dan juga terdapat pengamen tradisional yang terdiri dari ibu-ibu menggunakan make up, sanggul, juga pakaian kebaya dan menyanyikan lagu jawa.

Aduuh, ngomongin kuliner gini emang suka bikin ngiler dan perut terasa keroncongan. Tenang, kamu boleh datang ke warung nasi liwet wongso lemu ini ketika keadaan sudah normal kembali atau datang dengan tetap memperhatikan juga menggunakan yang sudah ditetapkan sebagai protokol kesehatan selama pandemi ini ya, Intelektual Muda! (Reporter Fiesta Radio: Asharina Zahra’)

 

https://i2.wp.com/fiestaradio.fisip.uns.ac.id/wp-content/uploads/2020/06/WhatsApp-Image-2020-06-17-at-19.56.17.jpeg?fit=573%2C535https://i2.wp.com/fiestaradio.fisip.uns.ac.id/wp-content/uploads/2020/06/WhatsApp-Image-2020-06-17-at-19.56.17.jpeg?resize=300%2C300FiestA RadioCulinaryReview
Makan cumi minumnya kelapa muda. Hai Intelektual Muda! semoga saat kamu membaca ini sedang berada dalam kondisi sehat dan semangat yaa. Sudah berbulan bulan kita di rumah aja, kerjaan yang tidak lain tidak bukan sering dilakukan adalah makan dan tidur, iya kan? Pasti kamu pengen banget keluar rumah buat...