Pintu masuk museum Ullen Sentalu. Dok. Google.com

Halo Intelektual Muda, apa yang ada terpikirkan saat mendegar kata museum? Pasti sudah terbayang hal-hal kuno yang memiliki koleksi barang antik atau terlintas di benak kalian banyaknya debu dan sudah lapuk karena termakan oleh usia. Museum memang memiliki kesan yang tak jauh dari hal-hal demikian, namun akan berbeda cerita jika kalian berkunjung ke Ullen Sentalu.

Ullen Sentalu merupakan sebuah museum seni dan budaya Jawa yang menampilkan budaya dan kehidupan para bangsawan Dinasti Mataram (Kasunanan Surakarta, Kesultanan Yogyakarta, Praja Mangkunegaran, dan Kadipaten Pakualaman) beserta koleksi bermacammacam batik (baik gaya Yogyakarta maupun Surakarta). Letaknya tersembunyi di tengah  hijaunya alam Jogja tepatnya di area wisata Kaliurang, Jalan Boyong KM 25, Kaliurang Barat, Sleman, Yogyakarta.

Nama Ullen Sentalu sendiri merupakan singkatan dari bahasa Jawa: “ULating bLENcong SEjatiNe TAtaraning LUmaku” yang artinya adalah “Nyala lampu blencong merupakan petunjuk manusia dalam melangkah dan meniti kehidupan”. Museum ini didirikan oleh salah seorang bangsawan Yogyakarta yang dikenal sangat dekat dengan keluarga keraton Surakarta dan Yogyakarta.

Museum yang diresmikan sejak tahun 1997 ini didalamnya terdapat berbagai sejarah mengenai keadaan budaya Jawa kuno dengan segala aturannya serta pakaian (batik) yang dikenakan saat itu dan memiliki arti dan makna yang mendalam di dalam setiap coraknya. Intelektual Muda akan diajak untuk melihat berbagai budaya dan peninggalan sejarah di sana dan tentunya telah dikemas dengan menarik dan tidak membosankan. Hal itu dapat dilihat dari
bagaimana pihak museum menempatkan ruang-ruang yang berbeda untuk setiap budaya dan peninggalan sejarah yang ada. Selain itu ada hal menarik lain yang tentunya sayang untuk dilewatkan, yakni Intelektual Muda akan disuguhi minuman herbal ramuan dari leluhur yang konon dapat membuat kamu terlihat lebih muda lho.

Untuk dapat masuk ke dalam museum kita perlu membayar tiket sebesar Rp 40.000/orang. Dengan satu tiket itu kita mendapatkan fasilitas berupa tour guide dan perjalanan wisata mengelilingi museum selama lima puluh menit. Saat melakukan perjalanan wisata, terdapat berbagai peraturan yang harus ditaati lho. Salah satunya, Intelektual Muda dilarang untuk mendokumentasikan apapun yang ada di dalam museum dan kegiatan yang dilakukan selama perjalanan wisata ini. Tapi jangan khawatir, masih bisa kok mengabadikan momen saat berkunjung ke Ullen Sentalu di akhir perjalanan wisata. Ullen Sentalu buka setiap hari Selasa sampai Minggu dari pukul 08.30 sampai 17.00.

Salah satu spot foto yang diperkenankan untuk diambil gambarnya. Dok. Google.com

Pintu keluar museum Ullen Sentalu. Dok. Google.com

Dengan berbagai keistimewaan dan kekentalan budaya yang disuguhkan, tak heran Ullen Sentalu terpilih menjadi museum terbaik di Indonesia versi situs terkemuka Trip Advisor. Nah,  masih ragu untuk berkunjung ke museum? Jangan lupa sempatkan berkunjung ke sana ya Intelektual Muda.

(Reporter FiestA Radio: Nurunnisa)

https://i0.wp.com/fiestaradio.fisip.uns.ac.id/wp-content/uploads/2018/11/ullen-sentalu-1.png?fit=624%2C414https://i0.wp.com/fiestaradio.fisip.uns.ac.id/wp-content/uploads/2018/11/ullen-sentalu-1.png?resize=300%2C300FiestA RadioExcursionReview
Halo Intelektual Muda, apa yang ada terpikirkan saat mendegar kata museum? Pasti sudah terbayang hal-hal kuno yang memiliki koleksi barang antik atau terlintas di benak kalian banyaknya debu dan sudah lapuk karena termakan oleh usia. Museum memang memiliki kesan yang tak jauh dari hal-hal demikian, namun akan berbeda cerita...