Hai Intelektual Muda! Gimana nih kabarnya? Semoga sehat dan selalu semangat ya! Jangan lupa tetap jaga kesehatan juga ya karena cuaca lagi nggak menentu banget. Kadang hujan tapi tiba-tiba berubah panas, dan bikin kita pengen makan yang seger seger. Nah, fiesta punya rekomendasi buat menyegarkan hari kamu nih.

Gambar seporsi Es Gempol Pleret (Sumber: Google)

Yup, Es Gempol Pleret Pak Suhar. Tempatnya di Jln. Wahidin, di samping Masjid Tegalsari Solo. Warung ini buka pukul 10 pagi hingga pukul 4 sore, Intelektual Muda. Pemilik warung, Suharto, atau yang lebih akrab disapa Pak Suhar mengombinasikan gempol pleret dengan cendol dawet, sehingga minuman ini pun dia namai es dawet gempol pleret. Karena terbuat dari beras, gempol pleret pun memberikan rasa kenyang di samping rasa segar dengan kuahnya yang harum dan manis. Biasanya gempol pleret diminum dingin dengan tambahan es batu.

Pengunjung di Warung Es Gempol Pleret Pak Suhar (Sumber: Google)

Minuman ini agak sulit ditemui karena jarang warung apalagi restoran berkelas yang menyajikannya, lho. Gempol pleret biasanya dijual keliling seperti wedang ronde atau dongo.

Es Gempol Pleret Pak Suhar sendiri istimewa karena pemilik warung memilih membuat gempol dari tepung yang dibuatnya sendiri dari beras yang agak  keras, yang bila dimasak tidak menjadi nasi pulen. Aroma wangi daun pandan juga begitu terasa karena Pak Suhar menggunakan daun  pandan bukan hanya di kuahnya, tetapi juga di gempol dan pleretnya.

Daftar menu di warung Es Gempol Pleret Pak Suhar (Sumber: Google)

Meski sederhana, proses pembuatan Gempol dan Pleret agak rumit juga, lho. Keistimewaan Es Gempol Pleret Pak Suhar bertambah karena penggunaan sari pandan di semua tahap pembuatan gempol pleret. Tekstur dari Gempol Pleret juga masir dan baunya wangi. Harganya pun murah, Intelektual Muda, cuma 5000 rupiah aja per porsi. Selain Es Gempol Pleret, warung Pak Suhar juga menyediakan berbagai menu lain seperti Mie Thoprak, Sop Matahari, Sop Galantin, dll. Nah, tunggu apalagi? Karena warung ini selalu ramai pengunjung, jangan sampai kehabisan ya! (Reporter Fiesta Radio : Oktaviera).

https://i2.wp.com/fiestaradio.fisip.uns.ac.id/wp-content/uploads/2020/07/IMG-20200717-WA0048.jpg?fit=598%2C513https://i2.wp.com/fiestaradio.fisip.uns.ac.id/wp-content/uploads/2020/07/IMG-20200717-WA0048.jpg?resize=300%2C300FiestA RadioCulinaryReview
Hai Intelektual Muda! Gimana nih kabarnya? Semoga sehat dan selalu semangat ya! Jangan lupa tetap jaga kesehatan juga ya karena cuaca lagi nggak menentu banget. Kadang hujan tapi tiba-tiba berubah panas, dan bikin kita pengen makan yang seger seger. Nah, fiesta punya rekomendasi buat menyegarkan hari kamu nih. Gambar seporsi...