Pamflet acara workshop broadcasting dan public speaking FiestA Radio x Speaklah (sumber: dok. pribadi)

Surakarta – Setiap orang sekarang ini dituntut untuk bisa berbicara di depan umum atau public speaking. Contohnya seperti melakukan presentasi tugas, presentasi mewakili instansi, berpidato dalam suatu acara, dan masih banyak lagi. Selain public speaking, broadcasting juga menjadi fokus perhatian beberapa khalayak terutama mahasiswa Fisip UNS. Mereka memiliki rasa ingin tahu yang tinggi berkaitan dengan seluk beluk dunia broadcasting.

Berangkat dari hal di atas, Speaklah bekerjasama dengan FiestA Radio mengadakan workshop tentang broadcasting dan public speaking melalui platform zoom meeting. Acara ini diselenggarakan pada Sabtu (18/7) pukul 08.30 – 11.30 WIB. Pembicara dalam acara ini adalah tiga orang anak muda yang sedang menggalakkan pentingnya self improvement melalui sharing session atau karya acara. Mereka adalah Fadel Karnen, Bayuangop, dan Aditya Putra dimana ketiganya sudah pasti ahli dalam hal public speaking dan broadcasting sebab mereka adalah seorang MC, public speaker, serta announcer di stasiun radio terkenal.

Dalam acara ini, banyak sekali materi bermanfaat yang diberikan seperti cara menggali potensi diri, mengenali karakter, teknik basic siaran, theater of mind, delivering a powerfull message, dan lain-lain. Speaklah dengan kelas offline yang sangat interaktif, akhirnya dibawa ke ranah webinar dan dikemas secara fun dengan mengangkat konsep bangun kolaborasi, sehingga peserta dan pembicara terlibat diskusi yang aktif. Peserta juga bisa langsung bertanya apabila ada hal yang kurang jelas. Di akhir sesi ternyata masih ada latihan bersama mempraktikkan materi yang diberikan. Hal ini membuat peserta semakin memahami materi yang mereka terima.

Suasana kelas public speaking Speaklah x FiestA Radio (sumber: dok. pribadi)

Selain workshop yang diadakan pada Sabtu (18/7), sudah ada rangkaian acara yang telah terlaksana sebelumnya yaitu bincang-bincang bersama Bayuangop secara live pada Minggu (12/7) pukul 19.00 di akun instagram FiestA Radio. Bincang-bincang itu juga tidak lepas dari broadcasting sebagai inti pembicaraan. Adapula bincang-bincang lain yang akan diadakan pada Minggu (19/7) bersama Aditya Putra yang akan membahas mengenai “how to produce podcast 101” melalui platform dan waktu yang sama dengan bincang-bincang pertama.

“Acara tadi seru, bisa nambah pengetahuan tentang public speaking walaupun tadi aku sempat ada trouble baik mau masuk ke zoomnya maupun jaringan internetnya. Tapi overall kerja keras dari semua pihak mantap!” ucap Wildan, mahasiswa Ilmu Komunikasi UNS yang merupakan salah satu peserta workshop.

Bayuangop, selaku founder dari Speaklah mengharapkan dengan terselenggaranya acara ini akan semakin banyak lagi acara kolaborasi, dan segera dapat difasilitasi secara offline. Esensinya akan lebih terasa lewat offline, dan dengan adanya praktek langsung sehingga akan benar-benar merasakan experience-nya. (Reporter Fiesta Radio : Badarudin Akbar & Adinda Salma)

https://i2.wp.com/fiestaradio.fisip.uns.ac.id/wp-content/uploads/2020/07/WhatsApp-Image-2020-07-17-at-14.51.35.jpeg?fit=720%2C1280https://i2.wp.com/fiestaradio.fisip.uns.ac.id/wp-content/uploads/2020/07/WhatsApp-Image-2020-07-17-at-14.51.35.jpeg?resize=300%2C300FiestA RadioEventNews
Pamflet acara workshop broadcasting dan public speaking FiestA Radio x Speaklah (sumber: dok. pribadi) Surakarta – Setiap orang sekarang ini dituntut untuk bisa berbicara di depan umum atau public speaking. Contohnya seperti melakukan presentasi tugas, presentasi mewakili instansi, berpidato dalam suatu acara, dan masih banyak lagi. Selain public speaking, broadcasting...