Surakarta – Buka Suara menggelar Mini Talkshow dan Brewing Workshop dengan mengangkat tema #CintaRasaKopi di EL SAMARA Coworking pada Minggu (15/12/2019). Acara tersebut merupakan respon dari Buka Suara lantaran masyarakat Solo terutama kaum muda mulai menyukai minum kopi sebagai gaya hidup mereka. Project Leader, Aurelia Salsabila Putri menuturkan  tema Cinta Rasa ini bermula dari passion seseorang yang menjadi sebuah kebiasaan hingga sampai pada titik gaya hidup masyarakat.

“Cinta Rasa ini bermula tentang gaya hidup, baru pertama kali banget dan market kopi sebenarnya gedhe banget  di solo sekarang gencar-gencarnya orang-orang minum kopi, kopi udah jadi lifestyle” Ujar Aurelia saat diwawancarai Reporter FiestA Radio.

Owner Kopipian dan Hakiki Coffee, Alfian N selaku pembicara sedang menjelaskan aneka jenis kopi dalam ini Talkshow di hadapan audiens (Dok. Bima Maulana)

Selain itu, acara yang baru pertama diselenggarakan ini bertujuan mengedukasi sekaligus wadah bagi seseorang yang memiliki passion kopi untuk mendalami makna dari sebuah gaya hidup.

“Tujuannya mengedukasi orang sih dan memberi wadah bagi orang yang merasa memiliki passion terhadap suatu hal dan mengajak mereka untuk mendalami lagi passion kamu yang nanti kemudian bisa jadi gaya hidup kamu”Tutur Aurelia. 

Dari jarak dekat, Seorang peserta Mini Talkshow memperhatikan penjelasan  mengenai salah satu jenis kopi yang dibawa oleh pembicara (Dok. Bima Maulana)

Salah satu pengunjung mini talkshow ,Dalam acara ini, dihadirkan seorang pebicara yang sudah bergelut di dunia perkopian yakni Alfian N, seorang Owner Kopipian dan Hakiki Coffee. Alfian mengatakan untuk menyajikan kopi yang sesuai dengan selera konsumen memang tidak semudah membalikkan telapak tangan.

“Perlu usaha yang konsisten dan mempelajarinya” Jelas Alfian.

Alfian menambahkan kopi membutuhkan 3-4 tahun untuk dapat dipanen yang dipengaruhi oleh kondisi cuaca.

“dimana cuaca juga menentukan waktu panen tersebut” Tambah Alfian.

Perihal keunikan kopi di Indonesia, owner Hakiki Coffe tersebut mengungkapkan perbedaan letak geografis menjadi faktor utama seperti kopi jawa dengan kopi sumatra memiliki ciri khas tersendiri.

Seorang peserta berkesempatan  mencicipi kopi dengan cara menyruput hingga bersuara.(Dok. Bima Maulana)

Lebih lanjut, Cinta Rasa volume pertama ini tak hanya mempelajari tentang materi yang disampaikan Alfian tetapi juga mempraktikkan penyeduhan kopi dalam Brewing Workshop. CEO Buka Suara, Nurina Sharvina menyampaikan Cinta Rasa Kopi ini ada dua kegiatan yaitu Mini Talkshow dan Brewing Workshop. Artinya, audiens tidak hanya disajikan materi dari pembicara tetapi juga diajak mempraktikkan penyeduhan kopi dengan benar melalui Brewing Workshop.

Dalam Brewing Workshop, pembicara beserta asisten mempresentasikan cara penyeduhan kopi dengan baik dan benar (Dok. Bima Maulana)

Salah satu penonton bernama Satria Aji berpendapat bahwaacara ini bisa dibilang cukup sukses dan projectiniterlihat lebih hidup dengan antusias audiens yang terbilang cukup tinggi. Namunterselenggarannya acara ini juga tidak lepas dari kolaborasi Buka Suara dengan EL SAMARA Coffespace. Perwakilan EL SAMARA Coffespace, Victor mengatakan pihaknya hadir sebagai coworking space yang memiliki tiga titik sebagai capaiannya. Titik tersebut terdiri atas pada connect, community dan colaborate. Victor dengan senang hati apabila stakeholder yang bekerjasama dengan pihaknya.

“Seperti sekarang ini dengan Buka Suara artinya kita sudah terkoneksi nih dan sekaligus sudah menjalankan kolaborasinya sehingga dari itu kita nanti bisa membentuk suatu komunitas,” Ujar Victor.

CEO Buka Suara Nurina Sharfina(Fina)danketua project nya, yakni Aurelia juga mengatakan harapanya terhadap event ini kedepanya

“harapan kedepanya buka suara semoga semakin dikenal banyak orang , bukan hanya di kegiatan online nya tapi kita juga dikenal di kegiatan offline nya, jadi masyarakat itu jadi tau kalo kita tu juga  ada kegiatan offline nya juga lo. seperti itu” kata Fina selaku CEO

“dan semoga project selanjutnya semakin berjalan lancar , semoga orang makin aware sama projek kita kedepanya ” tambah Aurelia selaku ketua project buka suara kali ini. (Reporter FiestA Radio: Bima Maulana & Aziiz Hutamaputra)

 

https://i1.wp.com/fiestaradio.fisip.uns.ac.id/wp-content/uploads/2019/12/WhatsApp-Image-2019-12-16-at-7.02.56-PM.jpeg?fit=960%2C720https://i1.wp.com/fiestaradio.fisip.uns.ac.id/wp-content/uploads/2019/12/WhatsApp-Image-2019-12-16-at-7.02.56-PM.jpeg?resize=300%2C300FiestA RadioEventNews
Surakarta – Buka Suara menggelar Mini Talkshow dan Brewing Workshop dengan mengangkat tema #CintaRasaKopi di EL SAMARA Coworking pada Minggu (15/12/2019). Acara tersebut merupakan respon dari Buka Suara lantaran masyarakat Solo terutama kaum muda mulai menyukai minum kopi sebagai gaya hidup mereka. Project Leader, Aurelia Salsabila Putri menuturkan  tema...