Poster Bytesfest 2020

SURAKARTA – Himpunan Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer Universitas Sebelas Maret menggelar acara webinar bertajuk “Get Ready to be A Technopreneur with Creative Digital”. Dilaksanakan pada Minggu (25/10/2020) melalui platform zoom meeting yang dimulai pukul 13.00 WIB.

Penyampaian Materi Pertama oleh Rahmat Saputra (Sumber: dok. pribadi)

BYTESFEST 2020 sudah ada sejak awal terbentuknya himpunan mahasiswa PTIK yaitu tahun 2012 dengan maksud memperkenalkan jurusan PTIK kepada masyarakat umum. Acara ini sudah dilaksanakan sebanyak delapan kali dan pada tahun ini diadakan secara virtual, berbeda dengan tahun – tahun sebelumnya. Dipilihnya tema “Get Ready to be A Technnopreneur with Creative Digital” karena terinspirasi dari kondisi selama pandemi ini, dimana banyak orang yang mengembangkan bakatnya dengan melakukan bisnis online mulai dari bisnis kecil-kecilan bahkan ada yang sampai menjadi usaha besar. Acara ini bertujuan untuk mengasah diri dan mengembangan skill masing-masing peserta agar mereka dapat bersaing juga berkaca dengan dirinya. Target yang dituju pada acara BYTESFEST 2020 ini yaitu masyarakat umum baik mahasiswa maupun adik – adik yang masih mengenyam bangku pendidikan di SMA/SMK. Webinar ini diisi oleh dua pembicara yaitu Rahmat Saputra Ph. D. seorang Founder Internet Cerdas Indonesia dan CEO Cyber Media International, Co-Founder RUMI, Bantu Saudara, Cyber Dakwah yang memberikan materi mengenai 3 steps to become a technopreneur sedangkan pembicara kedua yaitu Alfian Pamungkas Sakawiguna yang merupakan  CEO IDCloudHost, Deputy CTO Tekkon Terra Tecno Indonesia dan Co-Founder Diffago dengan menyampaikan materi mengenai growth hacking.

Penyampaian Materi Kedua oleh Alfian Pamungkas (Sumber: dok. pribadi)

Acara BYTESFEST sendiri dipersiapkan selama tiga sampai empat bulan dengan kendala komunikasi panitia yang hanya bisa dilakukan secara online. Terdapat rangkaian acara seperti lomba web design, lomba poster, dan lomba video edukasi. Webinar ini sebagai acara terakhir atau penutup dari BYTESFEST sekaligus untuk mengumumkan pemenang dari setiap lomba.

 

Sesi Foto Bersama Peserta Bytesfest 2020 (dok. pribadi)

“Harapannya semoga setelah diadakan webinar dengan tema yang diangkat dan materi yang sudah disampaikan dapat bermanfaat bagi peserta, selain itu agar peserta juga bisa membagikan dan menginspirasi ilmu mereka kepada orang lain, serta membuat peserta menjadi lebih berani dan menghilangkan ragu untuk melakukan hal baru melalui creative digital.” Ucap Theodora selaku Ketua Panitia Acara BYTESFEST 2020. Selain harapan untuk peserta setelah webinar dilaksanakan, Theodora juga memberikan harapannya untuk BYTESFEST di tahun depan,  “Semoga tahun depan Covid-19 sudah hilang sehingga bisa melaksanakan acara seperti ini dengan lebih baik lagi, namun apabila Covid-19 masih terjadi kita panitia dan peserta tetap harus berjuang dan tidak mudah menyerah dalam situasi apapun meskipun itu sulit.” (Reporter FiestA Radio: Asharina Zahra dan Shinta Rosila)

https://i0.wp.com/fiestaradio.fisip.uns.ac.id/wp-content/uploads/2020/10/WhatsApp-Image-2020-10-26-at-10.23.40-1.jpeg?fit=960%2C468https://i0.wp.com/fiestaradio.fisip.uns.ac.id/wp-content/uploads/2020/10/WhatsApp-Image-2020-10-26-at-10.23.40-1.jpeg?resize=300%2C300FiestA RadioCampusNews
Poster Bytesfest 2020 SURAKARTA – Himpunan Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer Universitas Sebelas Maret menggelar acara webinar bertajuk “Get Ready to be A Technopreneur with Creative Digital”. Dilaksanakan pada Minggu (25/10/2020) melalui platform zoom meeting yang dimulai pukul 13.00 WIB. Penyampaian Materi Pertama oleh Rahmat Saputra (Sumber: dok....