Saat ini kegiatan mendaki telah menjadi sebuah hobi baruya, Intelektual Muda. Ada kepuasan tersendiri  untuk menikmati keindahan alam dari ketinggian yang tidak bisa dijelaskan dengan kata-kata. Bayangkan saja Intelektual Muda bagaimana sensasi duduk di puncak menatap senja dengan secangkir kopi, sebaris puisi, dan lagu milik fiersabesari. mantap  indie sekali!

Eits, untuk Intelektual Muda yang belum pernah mendaki gunung, kamu bisa mencoba memulai pendakian dengan mendaki bukit, lho. Sensasi nya nggak jauh berbeda dengan mendaki gunung, kok.

Salah satu bukit yang bisa IntelektualMuda kunjungi adalah Bukit Mongkrang(2194 mdpl). Meski baru dibuka pada awal tahun 2019 lalu, namun bukit ini selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan.  Nah, untuk menuju ke Bukit Mongkrang, Intelektual Muda dapat menggunakan kendaraan pribadi menuju kedaerah Gondosuli, Karanganyar atau searah menuju pos pendakian Gunung Lawu.

Tidak  perlu merogoh kocek terlalu dalam, Intelektual Muda cukup mengeluarkan Rp 10.000 – Rp 20.000 untuk biaya parkir kendaraan dan retribusi masuk ke kawasan Bukit Mongkrang. Pembayaran ini nantinya akan dilakukan dua kali di tempat yang berbeda yakni  di gapura awal jalan masuk ke Bukit Mongkrang dan di pos retribusi.

Sepanjang perjalanan mendaki, Intelektual Muda akan disuguhi pemandangan GunungLawu yang menjulang dan juga pemandangan kota-kota yang berada di sekitar Bukit Mongkrang. Bila beruntung,

Intelektual Muda juga dapat menikmati pemandangan matahari terbenam maupun matahari terbit serta berfoto di padang ilalang yang hanya tumbuh di bulan-bulan tertentu.

Oh iya, Intelektual Muda tidak perlu merasa takut ketika kehabisan bekal, karena terdapat sejumlah warung di pinggir jalur pendakian yang menjual berbagai macam makanan dan minuman. Selain itu, warung-warung ini biasanya juga menjual trekking pole yang dapat Intelektual Muda gunakan untuk mempermudah kegiatan pendakian.

Rata-rata waktu tempuh yang diperlukan untuk naik sampai kepuncak bukit mongkrang adalah 1-2 jam tergantung dengan kondisi pribadi masing-masing orang.Di puncak, Intelektual Muda dapat melakukan berbagai aktifitas baik piknik, berkemah atau hanya sekedar berfoto dengan ‘plakat’ Bukit Mongkrang

Nah, saat turun nanti, jangan lupa untuk membawa turun sampah yang Intelektual Muda bawa, ya.  Ingat pula kata-kata ini, ‘jangan mengambil apapun kecuali gambar, jangan meninggalkan apapun kecuali jejak dan jangan membunuh apapun kecuali waktu ’Yuk mendaki, salamlestari!(Reporter FiestARadio :RafidahRaihany)

FiestA RadioExcursionReview
Jalur pendakian bukit Mongkrang dengan pemandangan gunung lawu di belakangnya, (dok.pribadi) Saat ini kegiatan mendaki telah menjadi sebuah hobi baruya, Intelektual Muda. Ada kepuasan tersendiri  untuk menikmati keindahan alam dari ketinggian yang tidak bisa dijelaskan dengan kata-kata. Bayangkan saja Intelektual Muda bagaimana sensasi duduk di puncak menatap senja...