Tampak depan lokasi Museum Purba Sangiran (sumber : sengpaku.blogspot.com)

Halo Intelektual Muda! masih dalam suasana liburan, sudah kemana aja nih? Duh, jangan sampai hanya di rumah saja ya. Buat kamu yang masih bingung liburan mau kemana dan ngapain, ada suatu tempat yang menarik untuk dikunjungi. Yups, tempat itu adalah Museum Purbakala Sangiran. 

Museum Purbakala ini menggambarkan kehidupan manusia pada masa lampau. Museum ini juga termasuk wisata fosil manusia yang terlengkap di Indonesia. Disana berkembang penelitian berbagai bidang ilmu pengetahuan antara lain Antropologi, Biologi, Paleoantropologi, Geologi dan Pariwisata.

Salah satu diorama kehidupan sejarah yang ada di Museum Purbakala Sangiran (sumber : wisata.pesona.travel)

Selain menyimpan fosil manusia purba mencapai 13.000, museum yang luasnya mencapai 750 meter persegi ini juga terdapat hasil-hasil budaya manusia purba, fosil flora dan fauna purba beserta gambaran stratigrafinya. Bahkan fosil-fosil manusia purba tersebut ada yang diperkirakan berusia 200.000 – 2 Juta tahun lho Intelektual Muda. Bangunan dengan bergaya joglo itu juga memiliki berbagai fasilitas seperti ruang pameran, Aula, Laboratorium, Perpustakaan, Musholla, Area Parkir, toilet dan Kios Souvenir.

Museum Purba Sangiran dilengkapi dengan diorama manusia pra sejarah (sumber : sengpaku.blogspot.com)

Museum Purbakala Sangiran terletak di Jalan Kebayanan II, Krikilan, Kalijambe, Sragen, sekitar 17 kilometer arah utara Kota Solo. Dari Kota Solo, Intelektual Muda bisa menyusuri jalur Kalijambe untuk sampai ke Museum Sangiran. Harga tiket masuknya sendiri dipastikan nggak bakal buat “kantong” Intelektual Muda jebol, hanya Rp 5.000 saja untuk wisatawan domestik dan Rp 11.500 untuk wisatawan asing.

Wah, menarik bukan? Selain dapat mengisi waktu liburan, pastinya wawasan kalian juga akan bertambah. Intelektual Muda bisa banget nih ajak teman-teman, pacar, dan keluarga untuk berkunjung ke Museum Purbakala Sangiran. So, selamat berwisata Intelektual Muda! (Reporter FiestA Radio: Syarifah Iliya)

Referensi:

http://sengpaku.blogspot.com/2017/01/museum-purbakala-sangiran-jawa-tengah.html  

http://wisata.pesona.travel/content/detail/museum-sangiran-sejarah-purba-terlengkap-di-indonesia

https://i0.wp.com/fiestaradio.fisip.uns.ac.id/wp-content/uploads/2019/01/SANGIRAN-gapura-Situs.jpg?fit=500%2C333https://i0.wp.com/fiestaradio.fisip.uns.ac.id/wp-content/uploads/2019/01/SANGIRAN-gapura-Situs.jpg?resize=300%2C300FiestA RadioExcursionReview
Tampak depan lokasi Museum Purba Sangiran (sumber : sengpaku.blogspot.com) Halo Intelektual Muda! masih dalam suasana liburan, sudah kemana aja nih? Duh, jangan sampai hanya di rumah saja ya. Buat kamu yang masih bingung liburan mau kemana dan ngapain, ada suatu tempat yang menarik untuk dikunjungi. Yups, tempat itu adalah Museum...