Surakarta – Zaman sekarang telepon genggam yang dimiliki setiap orang pasti sudah berupa smartphone atau telepon pintar. Barang canggih yang penggunaanya hanya dengan disentuh saja bisa dibilang memiliki peran penting dalam kehidupan manusia. Seperti hal dasarnya sebagai sarana berkomunikasi menggunakan fitur chat, voice call, dan video call, mencari suatu informasi dengan cepat, menyimpan dokumen secara praktis, bahkan sekadar memotret atau mengabadikan suatu momen oleh penggunanya. Berbicara tentang mengabadikan momen dengan smartphone, fitur kamera yang selalu melekat pada setiap smartphone ini banyak dicari dengan kualitas hasilnya yang tidak jauh berbeda dengan kamera digital.

Baik kamera digital maupun kamera pada smartphone digunakan banyak orang, tidak semua yang menggunakannya memiliki kemampuan atau mengetahui teknik untuk memotret. Oleh karena itu, Student Ambassador Surakarta menggandeng Himpunan Mahasiswa Fotografi (HIMAFO) ISI Surakarta mengadakan kelas online via aplikasi Google Meet pada Jumat, 12 Juni 2020 pukul 19.00 sampai dengan pukul 20.30 WIB. Mengundang Ibu Anin Astiti, S.Sn., M.Sn. sebagai narasumber sekaligus dosen kampus ISI Surakarta. Kegiatan ini sendiri membutuhkan waktu untuk persiapan selama tiga minggu dengan berdiskusi santai bersama Ibu Anin mengenai tema acara.

Bertema Capture The Best Moment with Your Limit acara ini ditujukan kepada penggemar fotografi dikalangan mahasiswa dan sukses dilaksanakan dengan lebih dari 100 partisipan mahasiswa Solo juga luar Solo. Dipilihnya tema dalam acara ini karena Student Ambassador Surakarta ingin mengajak teman-teman yang gemar fotografi untuk bisa memanfaatkan kamera yang ada atau bahkan memaksimalkan penggunaan smartphone untuk mendapatkan momen-momen terbaik melalui foto.

Ada juga pengumuman pemenang lomba fotografi yang telah diadakan sebelumnya. Terdapat empat peserta lomba yang mendapatkan juara. Yakni juara pertama diraih oleh @ahnafsmu, juara 2 oleh @farahdinap,  juara 3 @pathurx dan juara favorit dimenangkan oleh @flinkyproject.

Acara kelas fotografi by cicil.co.id ini berjalan cukup mulus dan kondusif . Materi yang dibawakan oleh Ibu Anin selaku pembicaara pun direspon positif oleh peserta. Dari beberapa pesan yang disampaikan Ibu Anin terdapat kesimpulan bahwa memotret memiliki dua tujuan yaitu visual dan ide/pesan. Dimana tujuan visual bermaksud bahwa setiap objek yang dipotret memiliki keindahan tersendiri baik dari komposisi warna, bentuk objek, dan lainnya. Sedangkan ide/pesan adalah tujuan memotret suatu hal yang memiliki makna atau pesan yang berarti di dalamnya dan dijabarkan oleh pemotret.

Kesuksesan acara ini tentu tidak akan tercapai tanpa adanya dukungan dari panitia yang bekerja dibalik layar. Apabila menilik dari waktu persiapan, jumlah peserta dan juga antusiasme peserta , acara ini sepertinya sudah disiapkan secara matang.

“Kita disini pun sebelum mengadakan event ini udah bikin kuesioner buat para calon peserta. Hasilnya hanya 1 aja dari 56 orang yang sudah mengisi form tersebut yang memilih tidak tertarik untuk mempelajari fotografi lebih dalam. Yang mana artinya bahwa  acara kemarin itu sebagian besar berasal dari teman-teman yang sangat antusias sekali untuk belajar fotografi”, kata Mega selaku ketua panitia event ini.

Student Ambassador Surakarta berharap dengan terciptanya kelas ini dapat menambah relasi pengetahuan dan tempat berbagi juga dapat memfasilitasi partisipan yang telah antusias bergabung untuk belajar bersama Student Ambassador Surakarta melalui diskusi karya yang telah dipelajari di kelas yang mereka adakan.

(Reporter Fiesta Radio : Asharina Zahra & Aziiz Hutamputra)

 

https://i1.wp.com/fiestaradio.fisip.uns.ac.id/wp-content/uploads/2020/06/IMG-20200606-WA0040.jpg?fit=720%2C1280https://i1.wp.com/fiestaradio.fisip.uns.ac.id/wp-content/uploads/2020/06/IMG-20200606-WA0040.jpg?resize=300%2C300FiestA RadioEventNews
Surakarta - Zaman sekarang telepon genggam yang dimiliki setiap orang pasti sudah berupa smartphone atau telepon pintar. Barang canggih yang penggunaanya hanya dengan disentuh saja bisa dibilang memiliki peran penting dalam kehidupan manusia. Seperti hal dasarnya sebagai sarana berkomunikasi menggunakan fitur chat, voice call, dan video call, mencari suatu informasi...