Sambutan dari Ibu Lia selaku Ketua Yayasan Solo Batik Carnival

SOLO – Yayasan Solo Batik Carnival bersinergi dengan Dinas Pariwisata Surakarta menyelenggarakan acara Solo Batik Carnival (SBC) XII yang dilaksanakan pada (26-28/7/ 2019). Acara tahunan tersebut dilaksanakan di Jalan Slamet Riyadi (Stadion Sriwedari – Balai Kota Solo) dan Halaman Museum Radya Pustaka. Solo Batik Carnival tahun ini mengusung tema “SUVARNABHUMI The Golden of ASEAN” untuk menampilkan ciri khas kebudayaan dari setiap negara yang ada di Asia Tenggara.

Solo Batik Carnival XII ini terbagi atas dua acara yakni Catwalk atau Grand Carnival sepanjang Jalan Slamet Riyadi dan Exhibition. Untuk Grand Carnival diadakan pada 27 Juli 2019 yang memamerkan maha karya anak bangsa berupa batik yang dimodifikasi dimana para pemeran berjalan dan menyapa penonton. Sementara Exhibition diadakan 26-28 Juli 2019 dengan menampilkan para pegiat seniman di Kota Solo.

Serangkaian acara yang sudah diikuti peserta akan berakhir pada pengumuman penghargaan atau awarding yang terdiri dari empat kategori, yaitu Best Make Up, Best Perform, Best Talent, dan Best Costum pada malam Awarding di acara Exhibition hari terakhir. Selain itu, ada pula penghargaan dengan kategori Kids untuk peserta yang masih anak-anak. Sebelum pemberian penghargaan kepada peserta terbaik, ada beberapa tampilan tarian nusantara yang dibawakan oleh para penari cilik.

Salah satu tarian nusantara yang dibawakan oleh para penari cilik

“ini semua adalah hasil dari ‘penggodokan’ materi dari akhir 2018 sampai maret” Ungkap Ade Sugriwa selaku Penanggung Jawab SBC 2019. Ade menjelaskan bahwa persiapan acara ini dilakukan dari akhir 2018 hingga bulan maret lalu. “Saya berharap kedepanya , penerus saya bisa membuat ide ide yang lebih aktual dan tidak bergantung pada ide saya”, lanjut Ade.

Dalam acara ini juga tidak lepas dari partisipasi dan dukungan oleh berbagai stakeholder. Koordinator Humas SBC Anisa Mumtahana mengatakan stakeholder yang mendukung SBC antara lain seperti Satpol PP, Dishub, DLH, Polsek, Polres, dan lembaga dinas lainnya. Anisa menambahkan untuk peserta sebagian besar dari wilayah Karesidenan Surakarta.

Awarding kepada para peserta dengan penampilan terbaik

Acara Solo Batik Carnival XII ini mendapat respon yang sangat positif. Seperti yang dituturkan oleh Umi, volunteer sekaligus penonton awarding Solo Batik Carnival. “Acaranya secara keseluruhan keren. Melalui acara seperti ini bisa meningkatkan promosi pariwisata Kota Solo sendiri. Selain itu juga bisa meningkatkan kreativitas para peserta”. Umi juga berharap Solo Batik Carnival semakin luar biasa untuk kedepannya. (Reporter FiestA Radio: Aziiz Hutamaputra, Bima Maulana, Yanuka Martha)

https://i1.wp.com/fiestaradio.fisip.uns.ac.id/wp-content/uploads/2019/07/WhatsApp-Image-2019-07-29-at-20.59.04.jpeg?fit=960%2C540https://i1.wp.com/fiestaradio.fisip.uns.ac.id/wp-content/uploads/2019/07/WhatsApp-Image-2019-07-29-at-20.59.04.jpeg?resize=300%2C300FiestA RadioEventNews
Sambutan dari Ibu Lia selaku Ketua Yayasan Solo Batik Carnival SOLO – Yayasan Solo Batik Carnival bersinergi dengan Dinas Pariwisata Surakarta menyelenggarakan acara Solo Batik Carnival (SBC) XII yang dilaksanakan pada (26-28/7/ 2019). Acara tahunan tersebut dilaksanakan di Jalan Slamet Riyadi (Stadion Sriwedari – Balai Kota Solo) dan Halaman...